Minggu, 21 Desember 2008

Nokia Nanotech Morph - Konsep Ponsel Masa Depan


morph_1.jpgNokia dan University of Cambridge meluncurkan Morph - konsep ponsel berteknologi nano pada pameran “Design and the Elastic Mind” yang berlangsung 24 Februari - 12 Mei 2008 di The Museum of Modern Art (MoMA), New York, Amerika Serikat. Tim dari Nokia Research Center (NRC) dan University of Cambridge Inggris mampu membuat ponsel Morph yang bisa diubah bentuknya sesuai keinginan pengguna.

morph_3.jpgDengan adanya nanotechnology memungkinkan penggunaan material yang fleksibel, transparan, dan permukaan yang mampu membersihkan sendiri. Dr. Bob Iannucci, Chief Technology Officer, Nokia, mengomentari, “Nokia Research Center kini sedang mencari cara untuk memaksimalkan bentuk dan fungsi sebuah ponsel, Morph merupakan salah satu konsep ponsel masa depan yang sangat mungkin terwujud.”

Sementara Professor Mark Welland, Head of the Department of Engineering, Nanoscience Group di University of Cambridge - yang juga menjabat University Director of Nokia-Cambridge - mengatakan, “Pengembangan konsep Morph bersama Nokia tidak hanya memberi inspirasi nan artistik namun juga agenda teknologi untuk penelitian nanoscience di masa depan.”Kerjasama antara Nokia dan University of Cambridge pertama kali ditandangani bulan Maret 2007. NRC juga telah membangun fasilitas riset di universitas tersebut dan berkolaborasi dengan beberapa departemen, di antaranya Nanoscience Center dan Electrical Division of the Engineering Department.

Elemen Morph mungkin baru akan diintegrasikan ke dalam peranti genggam digital paling cepat tujuh tahun lagi. Sayangnya teknologi tersebut masih terlalu mahal harganya jika diaplikasikan ke sebuah ponsel.

Tidak ada komentar: