Jumat, 12 Desember 2008

Mengetahui Lokasi Sebuah Obyek Foto


Jika Semua ponsel bisa terhubung dengan GPS, maka tidak sulit untuk melacak keberadaan pemilik ponsel. Bahkan dengan teknologi Geocoded Photograph, obyek foto dari Ponsel kamera sudah bisa menunjukkan lokasi pengambilan gambar.

Foto by : Cameraphone Shot

Dalam dunia web, Tag adalah sebuah keyword, yang berfungsi untuk mempermudah pencarian sebuah data dalam kelompok kategori. Konsep tagging, kini juga merambah pada teknologi pemetaan digital dan mobile fotografi, sebuah konsep baru dimana hasil kamera Ponsel (nokia) bisa diketahui lokasi pengambilannya.

Seperti halnya teknik metadata, dimana kita bakal mengetahui kapan foto tersebut dibuat, menggunakan kamera apa, serta pada lokasi dengan mengetahui koordinat berapa foto tersebut dibuat. Mengenai lokasi pengambilan foto, sebuah metadata akan menjelaskan koordinat tempat di pemotret berdiri. Jika dikaitkan dengan banyaknya kasus fotografi porno, tentu kita akan dengan mudah mengetahui lokasi pembuatan foto tersebut dan bisa segera melacak pelaku.

Kembali ke bahasan awal, Location Tagger yang dikenalkan oleh Nokia ini memiliki kelebihan yakni setiap pengambilan foto, selalu disertai dengan lokasi koordinat.

Nokia Location Tagger adalah aplikasi kecil yang berjalan pada Ponsel symbian versi ke 3. yang memungkinkan anda untuk melakukan tagging pada gambar yang diambil melalui Ponsel kamera, tentunya dengan memanfaatkan koordinat geografis melalui pemanfaatan satelit GPS.

Prinsipnya, informasi yang ada berdasarkan metada EXIF, tentunya Ponsel Anda harus terhubung dengan GPS terlebih dahulu. Bagi pemilik N95 tentu hal ini tidak akan menjadi masalah sebab didalam N95 sudah terdapat GPS Internal.

Agar bisa menikmati aplikasi location tagger, kita harus melakukan download disini

. Filenya cukup kecil yakni sekitar 40KB

Cara Penggunaan.

Saat menjalankan Aplikasi Nokia Location Tagger, pada menu utama, Anda akan melihat status Modul GPS. Jika masih belum yakin, sebaiknya Anda masuk ke Menu Maps dan cobalah untuk tracking sejenak. Bisa dilakukan dengan jalan-jalan muterin halaman depan rumah. Pastikan modul berfungsi dengan baik. Setelah Modul GPS aktif, maka akan menunjukkan koodinat posisi Anda berdiri. Jika belum muncul, maka tunggu beberapa saat hingga searching selesai.

Maklum saja, GPS menggunakan metode Triangulasi 3 satelit GPS milik Amerika Serikat yang berada dilangit tempat Anda berdiri.

Untuk melakukan tagging gambar menggunakan kamera Internal, klik saja tombol kamera, kemudian Anda bisa melihat icon Location Tagger pada pojok kiri atas yang menandakan aplikasi berjalan dengan baik.

Berikut indikasi yang menandakan status modul GPS Anda:

  • Hijau : Modul GPS telah aktif.
  • Kuning kecoklatan : Nokia Location Tagger sedang mencoba terhubung dengan GPS, atau mencari koordinat GPS..
  • Merah : Modul GPS tidak aktif.

Setelah aplikasi bisa membaca koordinat, maka gunakan memotret obyek di sekitar Anda. Menu pengaturan atau setting bisa disesuikan dengan kebutuhan. Misalnya Tagging -> On kemudian Display Notification-> On

Pada menu Auto Start -> Off, jika menentukan pilihan On maka aplikasi secara otomatis akan terbuka saat mengaktifkan menu kamera.

Penentuan mode GPS time Out bisa disetel pada opsi 5 menit, sebab saat searching satelit, modul GPS membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit. Nokia Location Tagger akan mencoba tagging foto paling lama 10 menit, Sebaiknya aktifkan kamera terlebih dahulu, kemudian mengaktifkan aplikasi ini. Sehingga secara multitasking, aplikasi Nokia location tagger akan berjalan di depan kamera sembari memastikan modul GPS aktif.

Tidak semua foto bisa di tagging, artinya jika Anda memotret dengan kamera bisa tanpa terhubung terlebih dahulu dengan modul GPS dan Nokia Location Tagger, maka hasil kamera anda tidak akan bisa di tagged.

Ketepatan akurasi lokasi pemotretan juga bergantung pada ketersediaan sinyal GPS. Bisa jadi ketika timbul efek “bingung”, maka lokasi penentuan lokasi ini juga akan gagal. Efek bingung bisa diartikan, map pointer yang diam sejenak sambil terus melakukan kalkulasi untuk menentukan kecenderungan saat ini berada pada lokasi dimana?.

Screen Shot by Symbianwebblog

Sinkronisasi dengan Akun di Flickr.

Dengan image yang sudah di tagged, maka Anda bisa melakukan share ke situs jaringan social, seperti Share Online 3.0, Flickr, Panoramio dan Web Picasa, sehingga rekan-rekan atau pengunjung akun social networking milik Anda. Khusus untuk pemilik akun picasa, panoramio, Anda mengkombinasikan dengan google earth. Sehingga saat membuka google earth, kita bisa melihat lokasi di peta google earth sesuai dengan lokasi tempat pengambilan foto.

Kompatibilitas:

  • Foto hasil kamera untuk Video call tidak bisa di tagging, sebab Nokia Location Tagger hanya bisa digunakan saat kita menggunakan kamera Utama.
  • Dalam beberapa kasus, Nokia Location Tagger mungkin tidak bisa melakukan tagging foto dan disertai dengan notifikasi pesan peringatan yang bertuliskan “File is being used”.
  • Foto hasil pengambilan obyek dengan mode burst tidak akan ditampilan pada daftar Logs.
  • Jika ponsel tidak memiliki GPS internal, maka bisa menggunakan modul GPS Ekternal Nokia seri LD-4W
  • Berjalan dengan baik pada Nokia N95, N95 8GB, N82, E90, N73, N81

Tidak ada komentar: